Selasa, 06 Maret 2012

TEPUNG DIANTARA TEPUNG

Hidup di jaman yang serba susah ini memang menuntut kita untuk jeli dan teliti dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran kita. Apalagi saat ini semua bisa dibeli dengan uang. Contohnya: Sertifikat Organik, Hasil uji lab, dan lain lain semua bisa dibeli asalkan kita punya uang. Kita sebagai konsumenlah yang paling banyak dirugikan oleh produsen produsen yang nakal, yang hanya mengambil untung sebanyak banyaknya tanpa mempedulikan kesehatan orang lain yg mengkonsumsinya.

Dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari hari kita sering berbelanja kebutuhan tersebut di pasar tradisional, supermarket, mall, dll. Nah...disinilah kejelian & ketelitian kita di uji. Sebagai orang awam tentu saja kita percaya dg yg tercantum pada apa yg di tulis dalam kemasan (biasanya di supermarket, Mall, dan toko toko waralaba). Apalagi kemasan dari pabrik yang sudah punya nama dan sudah ada standar ISO nya tentu kita lebih percaya dengan kualitas dari produk yang dihasilkannya. Nah...untuk yang beli di pasar tradisional apalagi yang hanya di kemas dengan plastik polosan perlu diwaspadai...

MAAF TIDAK BERMAKSUD MEN-JUSTIFIKASI UKM / PRODUSEN KECIL / PEDAGANG di pasar tradisional

Di era yg serba sulit inilah banyak dimanfaatkan oleh para produsen dan pedagang nakal tuk meraup keuntungan sebanyak banyaknya, walaupun ada juga produsen dan pedagang yang jujur dalam memperoleh Rizki-NYA. Barang barang konsumsi yang harus jeli dan cermat biasanya ter indikasi pada produk produk yang langka atau susah diperoleh dipasaran entah itu di pasar tradisional, supermarket, mall, toko waralaba, dll. Produsen nakal mencari celah dari produk produk konsumsi yang susah diperoleh dan harganya mahal (karena susah didapat jadi harga bisa mahal).

Produk produk yang terindikasi ada kecurangan adalah diantaranya sebagai berikut:

1. Produk produk Organik
2. Beras Hitam
3. Tepung Garut
4. Beras
5. dll

Mari kita uraikan satu persatu yaa......

1. Produk produk Organik.

* Indikasinya adalah sertifikat organik aspal, artinya sertifikat yg diperoleh dg menyuap pihak yg berwenang mengeluarkan sertifikat organik. Bisa juga dikatakan dengan sertifikat organik tembakan
* Cara antisipasi adalah sementara mempercayai apa yg tertulis dikemasan dan g ada salahnya di uji dg adanya kutu atau serangga atau hewan yang menyerang produk tersebut dg dibandingkan dengan produk serupa (produk biasa / non organik). semakin cepat diserang serangga maka yg pertama diserang itulah yg kadar kimia buatannya yg sedikit.

2. Beras Hitam

* Indikasinya adalah beras hitam dicampurkan dengan ketan hitam. Komposisi pencampuran sesuai selera produsen. Jika mau untung besar maka ketan hitam diperbanyak daripada beras hitam. adalagi yg lebih bejat yaitu beras putih di beri pewarna hitam keunguan
* Cara antisipasi adalah mengetahui ciri dari beras hitam itu sendiri. Ciri beras hitam secara fisik adalah lapisan terluar berwarna hitam legam, ada yg berwarna hitam keunguan karena varietas beras hitam ada 9 macam. Lapisan lebih dalam adalah berasnya dg ditandai berwarna putih agak transparan. Ciri berdasarkan rasa adalah beras hitam berasa seperti beras merah (agak pera) hanya bedanya beras hitam lebih tdk berasa manis dari beras merah. Waktu di cuci (sebelum dimasak) warna tidak pudar. Bulir beras hitam berwujud lonjong agak elips, kalo ketan hitam berwujud lonjong lancip.

3. Tepung Garut

* Indikasinya adalah tepung dicampur dengan tepung lain yg serupa. bisa di campur dengan pati kanji, tepung sagu, dll tinggal dicari yg harganya termurah. Harga yang asli 100% adalah sekitar Rp 20.000-Rp 30.000
* Cara antisipasi adalah melihat ciri fisiknya yaitu tepungnya (kondisi halus)agak keset di tangan saat diremas remas. Kadang masih tampak serabutnya dan berwarna putih susu agak kecoklatan (warna kecoklatan sekitar 10% putihnya 90%). Jika dibikin jenang,patinya mulur tapi gampang putus.

4. Beras

* Indikasinya adalah pemalsuan wilayah. contohnya adalah di bilang beras delanggu tapi sebenarnya beras lokal.


Nah itulah sekelumit kisah yang penulis alami selama berkecimpung di dunia langka selama hampir 2 tahun. semoga bermanfaat bagi pembaca. bagi yg mau tahu beras hitam yg asli dan tepung garut yg asli silakan datang ke rumah kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar