Selasa, 25 Mei 2010

Beras Hitam Yang Bermanfaat


Beras Hitam, kadar flavonoid dalam pigmennya berlipat lima kali lipat dibandingkan beras biasa. Diabetes, darah tinggi, kanker, anemia, dan asam urat pun dapat ditanggulangi beras ini.

Dalam sejarah, mengkonsumsi beras hitam adalah tabu bagi rakyat biasa. Keberadaannya hanya di piring bangsawan kerajaan atau sebagai pelengkap ritual adat. Bukan hanya di nusantara hal tersebut berlaku, Kekaisaran China juga memberlakukan ketentuan serupa.
Usut punya usut, beras hitam ternyata istimewa, dapat mengatasi dan mencegah banyak keluhan. Hasil analisis Laboratorium Pangan dan Gizi Pusat Antar Universitas (PAU) UGM menunjukkan, kadar protein beras hitam 7,88 %. Lebih tinggi ketimbang beras putih sebesar 6,8 %. Namun, kandungan karbohidratnya hanya 74,81%, sedikit lebih kecil dibandingkan beras putih yang 78,9%
Beras merah punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Demikian pula dengan beras hitam yang diketahui dapat mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Beras hitam hanya dapat dijumpai di Asia, dan tidak mengalami proses penggilingan berkali-kali seperti yang dilakukan pada beras putih biasa.

Penelitian di Cina, beras hitam memiliki kadar vitamin, mikroelemen, dan asam amino yang lebih tinggi dari semua beras yang biasanya kita jumpai.

Warna hitamnya menunjukkan beras ini memiliki pigmen yang tinggi. Pigmen ini mengandung aleuron dan endospermia yang dapat menghasilkan antosianin yang bermanfaat sebagai zat antikarsinogenik, meningkatkan kadar trombosit dan memiliki antioksidan yang tinggi.

Pigmen ini juga kaya akan zat flavonoid yang dapat mencegah pengerasan pembuluh nadi. Kadar zat flavonoid yang terkandung di dalam beras hitam lima kali lebih tinggi dibandingkan zat flavonoid yang terdapat dalam beras putih biasa.

Beras hitam berserat tinggi. Anda yang mengkonsumsi nasi hitam akan merasa kenyang lebih lama.

Beras ini memiliki beragam manfaat, diantaranya:

* Meningkatkan ketahanan tubuh.
* Memperbaiki kerusakan sel hati dalam kasus penyakit hepatitis dan sirosis (pengerasan hati).
* Mencegah penyakit yang mengganggu fungsi ginjal.
* Mencegah kanker dan tumor.
* Antiaging alami.
* Sebagai antioksidan.
* Membersihkan kolesterol dalam darah.
* Mencegah anemia.
* Mencegah demam berdarah yang dapat mengakibatkan turunnya trombosit dalam darah.

Cempo Ireng
Membudidayakan beras hitam memang tidak sepopuler beras putih. Namun Kelompok Kerja Komunitas Petani Rakyat Adil Makmur Merdeka Sejahtera (RAMES) Kabupaten Sleman, Yogyakarta, sudah melakukannya sejak lima tahun silam. Luasnya tak tanggung- tanggung, 15 ha meliputi Kabupaten Temanggung (Jateng) dan Sleman (DIY). Varietas padi hitam yang ditanam bernama Cempo Ireng.
Ketua Pokja Rames, Drs. Danarto, SH, menyatakan, varietas Cempo Ireng dapat menghasilkan 3 ton gabah kering giling per hektar dengan rendemen 55%. “Meski waktunya agak lama, tapi harga jualnya tinggi,” terangnya. Ia mengaku permintaan beras ini terus berdatangan.
Di tempat terpisah Jamasto, Ketua Kelompok Tani Sarana Makmur Sleman, yang juga mengusahakan Cempo Ireng mengungkap, budidaya varietas ini dilakukan semi organik. Pupuk kimia diberi setengah dari dosis tanaman padi umumnya. “Semangat membudidayakan Cempo Ireng adalah melestarikan dan mengembangkan padi lokal, menghasilkan pangan sehat, sekaligus memperbaiki kesuburan tanah,” katanya. Selain varietas cempo ireng ternyata masih ada varietas yang lain yang jumlahnya ada 9 varietas. Beberapa diantaranya adalah varietas cempo ireng, varietas toraja, & varietas bhasmati.
Produk Siap Konsumsi
Untuk memenuhi kebutuhan beras hitam tersebut maka kami telah berhasil memanen beras hitam jenis / varietas cempo ireng & toraja. Kami menyediakan beras hitam varietas cempo ireng dan varietas toraja dalam partai besar & partai kecil. Harga beras hitam perkilogram adalah 
- Varietas Cempo Ireng = Rp 20.000/kg (belum termasuk bea kirim)
- Varietas Jowo Melik = Rp 20.000/kg (belum termasuk bea kirim)

tuk pembelian 100kg lebih maka harga = Rp 18000 (belum termasuk bea kirim).

Untuk pemesanan silakan hubungi:
Bpk Dwias Anandita
d/a Dusun Pondok 1 Rt 05 Rw 31, Widodomartani, Ngemplak - Sleman
Yogyakarta 55584
telp : 0817-2853-440
: 0819-3170-1596
pin BB : 74ca1dbf
e-mail : kusaambar@yahoo.com
no. NPWP : 69.524.798.1-542.000