Selasa, 28 Desember 2010

ANEKA VARIETAS MENTIK

BERAS MENTIK

Dalam varietas yang tersedia, jenis mentik ini selalu banyak diminati oleh para konsumen, mentik ini juga bervariasi : mulai dari yang namanya mentik bening, mentik wangi sampai mentik susu memiliki ciri khas yang berbeda.

Antara mentik bening dan mentik wangi bentuk berasnya boleh dikatakan sama namun dari sisi penampilan mentik wangi terlihat lebih kusam dari mentik bening.

Untuk aroma mentik wangi jelas lebih unggul dari mentik bening, namanya saja juga wangi tentunya menimbulkan aroma yang wangi namun aroma wangi ini amat sangat khas alami seperti aroma yang menenangkan jiwa bagi yang menghirupnya.

Jenis mentik yang lain yaitu Mentik Susu , beras ini berwana putih dan mirip warna susu, bentuknya mirip dengan ketan, atau mirip dengan padi yang masih muda sudah dipanen. Mentik susu ini sangat pulen disebut-sebut orang beras jepangnya Indonesia karena kepulenanannya lengket namun kadar kelengketannya masih dibawah beras ketan. Berbeda dengan mentik wangi, menthik/mentik susu ini bentuknya lebih mendekati ke bentuk ketan putih. Perbedaan antara menthik susu dan menthik wangi adalah dari baunya. Beras menthik/mentik susu tidak berbau wangi, selain itu menthik/mentik susu lebih pendek/bulat daripada mentik wangi.

Sedangkan perbedaan utamanya dengan ketan, adalah beras organik mentik/menthik susu ini lebih pendek/bulat daripada ketan putih. Seperti halnya ketan, beras menthik/mentik susu ini sangat pulen

Dalam sisi penanamannya yang memaki pola system Organic, jelas beras jenis mentik ini memiliki kemampuan fungsi perpaduan 3 keampuhan unggulan, sebagaimana dirumuskan oleh peneliti dan ahli organic terkenal, Dr. Henry Chang bapak dari teori organic. Yaitu berfungsi sebagai makanan organic, berfungsi Naturopati dan berfungsi sebagi penyembuhan alami

1. Fungsi makanan organic

Bapak dari teori organic, Dr. Henry Chang, menyatakan bahwa makanan organic berarti semua jenis produk yang berasal dari pertanian yang bebas dari pupuk buatan, bahan kimia atau bahan tambahan mulai dari awal pemrosesan, dimana semua bahan berasal dari alam.

Manfaat dari makanan organic termasuk: Mempertahankan dan meningkatkan keseimbangan ekologi. Mengurangi resiko kesehatan, karena makanan organik bebas dari bahan-bahan kimia. Bebas dari GMO (Genetically Modified Organism)/ rekayasa genetika. Bebas dari Bovine Spongiform Encephalopathy (BSE) atau penyakit sapi gila. Terbukti mengandung gizi yang lebih banyak dibandingkan dengan makanan yang berasal
dari pertanian biasa/ tradisional.Mengurangi resiko infeksi pathogenic seperti E.coli dan mycotoxin.

2. Fungsi Naturopati


Kekuatan penyembuhan alami -Tubuh memiliki kemampuan untuk membentuk, mempertahankan serta memulihkan kesehatan. Menetapkan dan merawat penyebab - Penyebab penyakit harus ditemukan dan dimusnahkan sebelum seseorang dapat sembuh secara keseluruhan. Cara-cara yang digunakan harus dapat memusnahkan gejala-gejala bukan menekannya. Pencegahan merupakan obat terbaik - Mengutamakan pembentukan kesehatan bukan melawan penyakit. Naturopati beranggapan bahwa seseorang menjadi sakit disebabkan oleh penumpukan toksin-toksin. Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan, kita harus membuka diri kita terhadap proses penyembuhan alami.

3.Fungsi penyembuhan alami


Filsafat penyembuhan alami adalah dengan lingkungan yang tepat, tubuh memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri. Tenaga penyembuhan tersebut akan membentuk kemampuan penyembuhan diri sendiri kepada setiap orang. Namun kemampuan penyembuhan diri sendiri tesebut akan dapat bekerja secara maksimum apabila tekanan telah dihilangkan serta jiwa dan raga telah seimbang. Rumusan makanan khusus dapat memberikan keseimbangan atau membersihkan tubuh Anda dari bahan-bahan berbahaya yang melemahkan kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri, sekaligus memberikan gizi alami dalam bentuk paling mudah diserap. Untuk memberikan kondisi terbaik bagi tubuh kita, kita memerlukan makanan bukan obat. Penyembuhan alami merupakan cara yang paling alami menuju kehidupan yang sehat di masa depan, bebas dari obat.

Dari uraian tersebut, jelas beras mentik ini dapat dikategorikan sebagai tanaman yang bebas zat kimia, dan menghasilkan beras dengan Indeks glikemik yang rendah.

Apa yang disebut dengan indeks glikemik?


Indeks glikemik (IG) adalah tingkatan pangan menurut efeknya terhadap gula darah. Pangan yang menaikkan kadar gula darah dengan cepat memiliki indeks glikemik (IG) tinggi. Sebaliknya, pangan yang menaikkan kadar gula darah dengan lambat memiliki indeks glikemik (IG) rendah

Faktor apa yang menentukan nilai indeks glikemik beras?


Secara umum Indeks Glikemik (IG) beras ditentukan oleh varietas atau jenis padi dan gabahnya, yang ada hubungannya dengan sifat fisiko kimia, namun bisa juga dipengaruhi oleh proses pengolahan, di antaranya pada proses parboiling.

Siapa saja yang membutuhkan beras dengan indeks glikemik rendah?


Perubahan gaya hidup dan pola konsumsi pangan masyarakat telah mengakibatkan peningkatan beberapa penyakit degeneratif seperti diabetes mellitus (DM) dan hipertensi. Penderita diabetes mellitus memerlukan makanan yang tidak menaikkan kadar gula darah secara drastis.

Bagaimana nilai Indeks Glikemik (IG) beras didefinisikan?


Nilai indeks glikemik (IG) beras didefinisikan sebagai nisbah antara luas area kurva glukosa darah dari beras yang diuji yang mengandung karbohidrat total setara 50 g gula terhadap luas glukosa darah setelah makan 50 g glukosa pada hari yang berbeda dan pada orang yang sama. Glukosa sebagai standar mempunyai nilai IG 100. Nilai IG beras dikelompokkan menjadi IG rendah (<55),>70).

Parboiled merupakan proses perebusan pada suhu 60 derajat Celsius selama 8 jam dan pengukusan (steam) pada suhu 100 derajat Celsius selama 30 menit dalam bentuk gabah.

sumber : www.pustaka-deptan.go.id

Produk Siap Konsumsi

Untuk memenuhi kebutuhan beras menthik susu, kami telah berhasil memanen beras menthik susu organik. Kami menjual menthik susu organik dg harga Rp 11000/kg Bebas ongkos kirim keseluruh pulau Jawa apabila melakukan pembelian 50kg - up. Beras menthik susu organik tersebut kami kemas 5 kg dg sistem oven - vakum, yang maksudnya adalah sebelum dikemas kami lakukan dengan peng-oven-an sehingga diharapkan mikro bakteri mati yang kemudian kami lanjutkan dengan dimasukkan kedalam kemasan 5kg yang kemudian kami vakum.

Untuk pemesanan silakan hubungi:

Bpk Dwias / Ibu Ambar (08172853440 / 081931701596)

d/a Ledokwareng Rt 04 Rw 35 Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman

Yogyakarta 55581

no. NPWP : 69.524.798.1-542.000