Minggu, 26 Desember 2010

Jahe & Khasiatnya

Tahukah anda bahwa jahe berguna untuk menambah gairah seks ? Jahe dapat menjadi obat atau ? Jahe juga bisa berfungsi sebagai antikanker, antiinflamasi dan antirematik ? Jahe juga bisa berbahaya bagi ibu hamil karena jahe bisa berperan sebagai agen yang bersifat menggugurkan kandungan?. Mari kenali lebih lanjut tanaman jahe dan khasiatnya.
Nama Latin : Rosc. Untuk jahe merah : varietas rubrum
NAMA SIMPLISIA Zingiberis Rhizoma; Rimpang Jahe.
Nama Daerah :Nama-nama daerah bagi jahe tersebut antara lain (Aceh, Ambon), bahing (Batak karo), sipadeh atau sipodeh (Sumatera Barat), Jahi (Lampung), jae (Jawa), Jahe (sunda), jhai (Madura), pese (Bugis) lali (Irian).
Nama Asing : Ginger / (Inggris), Khan Jiang (China), Gingembre (French), Chiang ( China)
                                                          TanamanRimpang Jahe

1. /

Siapkan 2 rimpang jahe sebesar ibu jari, 1 butir jeruk nipis, 1 butir telur ayam kampung, 1 sdt bubuk kopi, 1 sdm madu, dan sedikit bubuk merica. Cuci jahe, parut, tambahkan segelas air masak, lalu peras. Tambahkan air jeruk nipis, kuning telur, kemudian campur dengan semua bahan lainnya. Aduk sampai merata. Minum seminggu sekali.
Resep lain untuk menambah gairah seks : jahe merah + ginzeng + cabe jawa (masing2 15 g) + 20 g lada hitam direbus bersama dalam 4 geas air hingga tersisa 2 gelas. Minum masing2 1 gelas pada pagi dan sore hari, dengan menambahkan kuning telur 1 butir dan 2 sendok makan madu murni.
2. Batuk
Ambil 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, cuci bersih, dan rebus dengan 2 gelas air. Didihkan hingga tinggal 1 gelas. Air rebusan jahe tersebut diminum 2 kali sehari, pagi dan sore hari.
3. Pegal-Pegal
Ambil 2 rimpang jahe sebesar ibu jari dan susu segar 2 gelas. Rimpang jahe dicuci bersih, dibakar, lalu dikuliti. Rimpang itu dimemarkan, kemudian direbus bersama dengan susu segar. Susu jahe diminum 2 kali sehari, pagi, dan sore hari, masing-masing 1 gelas.
4. Kepala Pusing
Ambil 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, cuci bersih, bakar, dan memarkan. Seduh dengan 1 gelas air tambahkan sedikit madu atau gula aren. Minum ramuan tersebut 1 gelas sekaligus.
5. Rematik
Ambil 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, bakar, kemudian cuci bersih, dan parut. Tempelkan parutan jahe bakar dibagian tubuh yang diserang rematik.
Resep 2 : Temulawak dan cabe jawa (masing2 20 g), daun komfrey dan jahe merah (masing2 25 g) + kumis kucing 30g. Cuci semua bahan, iris tipis rimpang jahe dan temulawak. Rebus dlm 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Minum masing2 segelas tiap pagi dan sore, tambahkan madu dan jeruk nipis untuk mengurangi rasa “jamu”
6. Sakit Pinggang
Ambil 3 rimpang jahe dan 2 buah asam jawa yang sudah masak. Cuci jahe, parut, dan campur dengan asam jawa sampai merata.Oleskan pada pinggang yang sakit.
7. Masuk Angin
Ambil 3 rimpang jahe sebesar ibu jari dan memarkan. Masukan kedalam 2 gelas air bersih dan beri sedikit gula aren.Didihkan selama 15 menit hingga airnya tinggal separuh. Saring dan minum ketika masih hangat, lakukan 2 kali sehari.
8.Untuk Payudara Indah dan Montok
Masukkan dua ruas jahe segar yang telah dikupas kulitnya, ke dalam segelas susu murni yang panas. Tambahkan satu sendok teh gula. Minumlah menjelang tidur malam setiap hari.
9. Vitiligo (Bercak putih pada kulit karena kekurangan pigmen)
Ambil 30 gr jahe, cuci bersih lalu dijus. Balurkan jus pada kulit yang menderita vitiligo tersebut.
10. Terserang cacing gelang
Ramuan: Ambil 60 gr jahe segar lalu cuci bersih. Lumatkan, campur dengan segelas air. Saring dan tambahkan madu satu sendok makan. Minum ramuan ini tiga kali sehari.
(disarikan dari: http://www.ibujempol.com)

Produk Siap Konsumsi
Bagi Rekan rekan yang berminat, kami menjual produk produk organik tanpa pestisida dan bahan kimia buatan dan produk produk dari UKM yang peduli dengan alam dan pola hidup sehat. produk kami antara lain:

1. Beras merah organik "Pondok Alam"
2. Beras hitam organik "Pondok Alam"
3. Beras Menthik susu "Pondok Alam"
4. Beras Coklat Organik "Pondok Alam" (pembelian minimal 25kg)
5. Beras mix Organik "Pondok Alam" (1 kg beras bisa di mix merah hitam putih coklat sesuai selera)
6. Tepung Pisang "Pondok Alam"
7. Tepung Mocaf "Pondok Alam"
8. Tepung ubi ungu "Pondok Alam"
9. Tepung bengkoang "Pondok Alam"
10. dll

Pembelian Bisa di mix/campur hingga mencapai 50kg untuk mempermurah biaya pengiriman

apabila berminat silakan order di:

Bpk Dwias / Ibu Ambar
08172853440 / 092225577770
d/a dsn Pondok 1 RT 05 RW 31 widodomartani, ngemplak, sleman
Yogyakarta 55584

toko online kami:
Http://Pondokalam.id
Http://Pondoklam.com
Https://www.tokopedia.com/pondokalam
Https://www.shopee.co.id/pondokalam
Https://www.bukalapak.com/dwias_anandita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar