Selasa, 29 Mei 2018

Cara Membedakan Pati Garut ASLI dengan CAMPURAN

Assalamu'alaikum Sobat Pondok Alam

Setelah beberapa hari vakum dalam berbagi ilmu dan pengalaman karena banyaknya pesanan menjelang libur Idul Fitri akhirnya ada kesempatan luang untuk menuangkan apa yang diperoleh selama bergerak di usaha produk Organik selaras alam sejak 2009. Awal mula kami menapakkan di usaha ini berawal dari pati garut. Pada saat itu kami masih awam banget tentang produk tersebut. Namun setelah banyak membaca dan banyak bertanya ke petani, ilmu kami sedikit bertambah. Ternyata Umbi garut itu lebih mudah tumbuh dalam berbagai kondisi, khususnya dalam kondisi kemarau. Sehingga tanaman umbi garut ini tumbuh liar di kebun, tegalan, atau di pematang sawah.

Karena mudahnya dia hidup di berbagai medan khususnya kondisi/musim kemarau sehingga dia tidak perlu dilakukan perawatan khusus seperti pemupukan dengan pupuk sintetis bahkan tanpa dilakukan penyemprotan pestisida. Sehingga hasil tanaman garut berupa umbi garut bisa dipastikan adalah organik.

Umbi Garut banyak diolah dalam berbagai wujud diantaranya emping garut, tepung garut dan pati garut. Untuk emping garut prosesnya sederhana saja. Umbi dikupas kulitnya lalu dipotong kemudian di pipihkan. Untuk tepung garut dan pati garut cara membuat dan perbedaannya bisa di baca artikel kami pada link http://pondokalam.com/news/15/Beda-tepung-garut-dengan-tepung-pati-garut

Kegunaan tepung garut dan tepung pati garut memiliki posisi tawar sendiri sendiri. Untuk tepung garut, lebih bagus jika digunakan sebagai bahan membuat olahan kue kering mau pun kue basahkarena teksturnya. Untuk tepung pati garut lebih bagus untuk penyembuhan alami atau Natural Healing semua masalah pencernaan seperti sembelit, maag, gerd, dan lain lain. Meskipun begitu pati garut juga bagus untuk bahan membuat olahan masakan, soalnya ada salah satu pelanggan kami yang dari kota Semarang selalu memesan pati garut minimal 100kg untuk bahan membuat adonan ayam krispi.

Karena khasiat pati garut yang mumpuni dalam hal pencernaan, maka tidak jarang pati garut dicampur dengan tepung lain seperti tepung ganyong, tepung kanji, atau tepung lainnya. Secara kasat mata memang susah membedakan apakah itu tepung pati garut asli atau campuran. Memang jika dikonsumsi tidak berbahaya bagi konsumen, hanya saja moralitas produsen itulah yang dipertaruhkan.

Pati garut yang murni dengan yang campuran bisa dilihat saat di masak. Pada saat dimasak, pati garut yang asli mau pun yang campuran terlihat sama sama mulur atau elastis. Hal ini terjadi saat kondisi suhu panas atau mendidih hingga kondisi hangat, semua pati garut baik yang murni mau pun yang campuran masih bersifat elastis. Pada saat dingin inilah perbedaan mulai terlihat. Untuk pati garut yang murni, dia akan bersifat getas bahkan mirip puding. Untuk yang pati garut campuran biasanya tetap mulur atau elastis, hal ini dikarenakan dicampur dengan tepung pati kanji atau tepung yang lainnya. untuk kadarnya pencampuran, saya kurang mengetahuinya secara persis hal itu dikarenakan kami lebih suka menjual pati garut yang murni sehingga tidak menelisik lebih dalam soal pati garut campuran tersebut.

Bagi yang menghendaki pati garut murni tanpa campuran, bisa belanja di link berikut dibawah:
telp / WA / SMS : 0817-2853-440 atau 082-2255-77770

Tidak ada komentar:

Posting Komentar