Kamis, 12 April 2018

Manfaat Ubi Ungu

Ubi jalar yang berwarna ungu khususnya merupakan salah satu makanan yang memiliki karbohidrat selain nasi. Hanya saja kandungan karbohidratnya termasuk karbohidrat kompleks, memiliki serat makanan yang tinggi, memiliki beta-karoten (karotenoid provitamin A) dan mengandung kadar mikronutrien yang seimbang.
Dengan banyaknya kandungan gizi pada ubi jalar khususnya ubi ungu, maka tak salah kalau jenis ubi ungu ini memiliki manfaat hampir setara dengan beras hitam.
Manfaat Ubi ungu antara lain:
  1. Menurunkan tekanan darah tinggi. 
  2. Menjaga berat badan. Wah cocok banget nih untuk yang lagi program diet :) jadi sebanyak apa pun kita memakan ubi jalar khususnya ubi ungu, tidak perlu khawatir akan menjadi gemuk meskipun dalam ubi ungu ini memiliki kandungan karbohidrat
  3. Sebagai anti kanker. Hal ini dikarenakan kandungan antosianin yang tinggi. Bahkan para peneliti juga menemukan adanya sianidin dan peonidin (semua itu adalah turunan dari antosianin) yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.
  4. Sebagai anti-radang (Inflamasi).
Nah diatas tadi adalah beberapa manfaat dari ubi Ungu. Oleh UKM kami, ubi ungu tersebut di ubah menjadi tepung sehingga menjadi tepung ubi ungu. Tepung ubi ungu "Pondok Alam" diolah dari ubi ungu grade A (atau mutu kelas 1). Lalu apa sih grade A itu, cirinya bagaimana?
Grade A adalah Klasifikasi Ubi yang memiliki tekstur kulit luar umbi yang relatif mulus dan tidak ada bekas goresan - goresan seperti hal nya tergores pada saat pemanenan. Ubi Ungu Grade A merupakan klasifikasi ubi yang memiliki berat  antara 1,5 Ons sampai 7 Ons. Dalam memilih ubi, tentunya hampir mirip dengan tehknik pemilihan / penyortiran Umbi - umbian lainnya yaitu dengan memperhatikan Ukuran, Berat dan Kualitas kulit luar hingga kualitas daging umbi itu sendiri.

http://www.pondokalam.com/image-upload/10-ubi.jpg

Sedangkan Berdasarkan SNI 01-4493-1998, mutu ubi jalar dapat digolongkan dalam 3 (tiga) kelas mutu yaitu mutu I, II dan III. Syarat mutu ubi jalar terbagi menjadi dua yaitu syarat umum: ubi jalar tidak boleh mempunyai bau asing, ubi jalar harus bebas dari hama dan penyakit, ubi jalar harus bebas dari bahan kimia seperti insektisida dan fungisida, ubi jalar harus memiliki keseragaman warna, bentuk maupun ukuran umbinya, ubi jalar harus sudah mencapai masak fisiologis optimal dan ubi jalar harus dalam kondisi bersih.
Dengan pemilihan ubi yang bagus maka akan dihasilkan tepung ubi ungu kualitas super seperti Tepung Ubi Ungu "Pondok Alam". Warna tepungnya berwarna ungu banget, murni 100% ubi ungu, dan tanpa pewarna apa pun. Jadi aman untuk dibikin kue atau pun dijadikan MPASI.

http://www.pondokalam.com/image-upload/tepung-ubi-ungu-1.jpg

http://www.pondokalam.com/image-upload/tepung-ubi-ungu-2.jpg

Foto diatas adalah hasil produksi UKM kami yang bergerak di produksi tepung Ubi Ungu. Bagi yang masih ragu ragu dengan kualitas dan kemurnian tepung ubi ungu "Pondok Alam" silakan melakukan pengujian atas produk tersebut.

http://www.pondokalam.com/image-upload/20150313_134236.jpg

Bagi yang hendak order tepung ubi Ungu "Pondok Alam" bisa melakukan transaksi melalui berikut dibawah ini:
telp/WA/SMS: 082225577770 atau 08172853440
http://PondokAlam.com
http://PondokAlam.id
https://www.tokopedia.com/pondokalam
https://shopee.co.id/pondokalam

https://www.bukalapak.com/dwias_anandita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar