Senin, 09 April 2018

Susu beras.. Apaan sih itu? Produk baru ya?

Mungkin banyak pengunjung web resmi PondokAlam.com ini yang tersenyum geli melihat artikel artikel yang kami sampaikan . Memang kami akui artikel yang kami buat ini adalah asli dari pengalaman kami selama menggeluti dunia organik .Arti dan maksudnya adalah segala sesuatu tentang makanan dan minuman yang tidak terkontaminasi oleh bahan bahan kimia sintetik yang dihasilkan oleh pabrik. 
Memang benar di bumi ini juga menghasilkan bahan kimia juga namun bahan kimia yang dihasilkan oleh bumi lebih menyehatkan daripada bahan kimia buatan manusia.  Contoh gampangnya adalah dalam dunia pertanian supaya tanaman menghasilkan bulir padi yang banyak maka diproduksilah pupuk urea. Pupuk urea ini secara pabrik sudah diperhitungkan dengan akurasi yang cermat dan ada aturan pakainya. Namun kenyataan praktek di sawah/kebun sangat melebihi ambang batas. Hal tersebut dimungkinkan karena si petani pengen hasil panen semaksimal mungkin. Kejadian seperti tersebut diatas terus berulang dan berulang. Akibatnya unsur hara yang sebenarnya juga menghasilkan urea menjadi rusak. Sedangkan unsur hara dalam tanah itu sendiri juga menghasilkan urea alam. 
Untuk perbaikan kesuburan tanah tersebut memerlukan waktu yang tidak sebentar. Pada awalnya saat proses perbaikan kesuburan tanah pasti menghasilkan panen yang sangat merosot tapi hasil panennya jadi lebih sehat dikonsumsi. Pada panen ke empat atau ke lima lah biasanya hasil nya sudah pulih seperti biasa meskipun tanpa urea sintetik dan hanya menggunakan pupuk alam seperti pupuk kandang , pupuk organik cair,  pupuk kompos ,dll .
Hasil panen dari tanaman organik memang saya akui lebih terasa berbeda didalam tubuh. Tubuh lebih segar, bugar dan tidak gampang sakit .Jika pun sakit tidak perlu konsumsi obat ,cukup mengkonsumsi makanan herbal seperti madu hutan , virgin coconut oil ,susu beras khususnya susu beras hitam, dll .
Oiya mungkin jadi banyak yang tanya, apa sih susu beras itu trus apa pula susu beras hitam?  Lalu khasiat dari susu beras dan atau susu beras hitam itu apa saja? 
Memang saat ini bakalan booming nama suatu produk yang diberi nama susu beras. Kalau tidak salah sudah ada dari Negara asing yang menjual produk tersebut di indonesia .Atau mungkin sudah ada produk dalam negeri tentang susu beras ini .
Saya membaca artikel lain di internet cara membuat susu beras ini beragam cara .Antara lain cara A:
1. Siapkan air 1 liter dan nasi yang sudah matang (nasi hitam ,nasi putih ,atau nasi merah) 
2. Blender sampai lembut dan halus nasi matang tersebut bersama 1 liter air .
3. Saring bahan yang diblender tersebut kemudian bisa disajikan secara dingin atau pun panas .
Kalau menurut kami, susu beras sebenarnya sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Bagi kami susu beras itu tidak lain adalah air tajin. Tau air tajin itu apa?  Air tajin adalah air mendidih yang dihasilkan saat kita memasak nasi.  Entah itu nasi hitam, nasi merah, nasi putih, nasi coklat atau pun yang lain.
Nah ini sekarang susu beras versi Pondok Alam. Cara buatnya sebagai berikut:
1. Setelah beras organik dibersihkan (cukup sekali saja), masak dengan api jangan menggunakan magic com atau alat penanak nasi elektrik supaya bisa diambil air rajinnya .
2. Begitu air yang digunakan untuk menanak nasi sudah mendidih ,segera ambil air tersebut dan saring supaya beras/nasi tidak ikut masuk di gelas .
3. Karena air untuk masak beras jadi habis di ekstrak maka tambahkan airnya seperti sedia kala .Setelah dingin, susu beras tersebut bisa dikonsumsi. Atau jika menghendaki dikonsumsi dalam kondisi panas juga tidak apa apa (jika kuat panas) 
Dan alhamdulillah kami sekeluarga sering mengkonsumsi susu beras hitam, anak anak pada suka terutama anak saya yang usia 4 th, karena sudah terbiasa minum susu beras hitam sejak usia 2th. Efeknya kami jika terkena sakit flu/batuk pilek/demam jarang bahkan tidak pernah konsumsi obat, cukucukup konsumsi madu hutan pahit ditambah virgin coconut oil. 
Bagi yang mau membeli produk beras organik, kami juga menyediakan di web pondokalam.com ini. Atau barang kali pembeli mau beli di link berikut dibawah ini:
Telp/WA/SMS : 08172853440 - 082225577770
HTTPS://www.bukalapak.com/dwias_anandita


Tidak ada komentar:

Posting Komentar