Rabu, 11 April 2018

Wujud tanaman garut beserta umbi nya

Tuhan menciptakan segala sesuatu di dunia ini tidaklah sia sia sedikitpun. Sekecil apa pun itu ciptaannya tetap memiliki fungsi dan manfaat bagi makhluk lain. Salah satu contohnya adalah tanaman umbi garut.

Dari awal kami memulai menggeluti produk produk alami, banyak yang masih belum mengetahui umbi garut. Rata rata mereka mengira tanaman tersebut berasal dari kota Garut sehingga dinamakan umbi garut. Padahal bukan itu yang dimaksud, Umbi garut adalah semacam umbi umbian yang sudah ada sejak jaman dulu. Biasanya tanaman tersebut tumbuh liar tanpa perawatan khusus. Kata simbah saya, umbi garut tersebut menjadi salah satu makanan utama pada Jaman penjajahan Belanda dulu. Namun sekarang terabaikan bahkan malah dianggap sebagai ilalang dan dijadikan makanan ternak.
Setelah saya amati panteslah sapi bapak gemuk gemuk dan fesesnya bagus dan saat dijadikan pupuk kandang untuk penanaman padi hitam, bisa menghasilkan beras optimal. Tapi omong omong nih sudah pada tau apa belum bentuk nya tanaman umbi garut?? coba deh liat foto di bawah.

http://www.pondokalam.com/image-upload/umbi-garut-1.jpg

Foto diatas adalah foto tanaman umbi garut. Hampir mirip dengan tanaman empon empon seperti jahe,dll gak Percaya!!! ni saya kasih foto tanaman jahe dibawah ini.

http://www.pondokalam.com/image-upload/tanaman-jahe.jpg

Nah mirip kan wujud fisik tanamannya, jadi kalau pas suatu saat dijalan dan menemukan tanaman umbi garut sudah tidak bingung lagi. Tanaman ini biasa tumbuh liar di tempat yang teduh seperti di kebon, halaman, dll.
Umbi dari tanaman garut pun juga hampir mirip dengan jahe dan sejenis nya, bentuknya berbuku buku kalau menurut saya. Ukuran umbinya bisa lebih besar dari tanaman rimpang lain, tergantung dari jumlah unsur hara yang diserap tanaman garut tersebut.
Ini nih saya kasih liat foto nya si umbi garut yang suka malu malu kalau di foto. Cekreekkk !!!

http://www.pondokalam.com/image-upload/umbi-garut-2.jpg

Kalau unsur hara nya bagus, dia bisa sebesar jempol kaki dan memanjang sekitar 10-15 cm. Umbi garut ini biasanya langsung di rebus trus langsung dimakan (sebelumnya dikupas dulu kulitnya), ada juga yang dijadikan emping garut, dan ada pula yang dijadikan pati garut. Untuk beda tepung garut dengan tepung pati garut sudah kami ulas di info minggu lalu, bagi yang masih penasaran, ini dia link nya

http://pondokalam.com/news/15/Beda-tepung-garut-dengan-tepung-pati-garut

Namun karena tepung pati garut ini sangat dicari, maka banyak produsen yang nakal yaitu dengan mencampurnya dengan tepung yang lain seperti tepung ganyong, tepung uwi, dll. Ya alhamdulillah UKM yang memproduksi pati garut "PONDOK ALAM' insya'allah asli 100%. Hal ini dikarenakan UKM memiliki mesin pengolahnya sedangkan umbinya disuplai oleh para petani atau orang orang yang hendak menjual umbi garutnya. Sehingga lebih bisa di pantau keasliannya. Lain halnya jika mengambil dari berbagai produsen, maka Quality Controlnya bisa dipastikan tdk bisa murni 100%.
Hayuukkk...kita beli produk produk UKM Indonesia, supaya kami tetap bisa berkarya dengan lebih baik lagi, dan bisa bersaing dengan produk asing

Bagi yang kepengen order Tepung pati garut kami, silakan bisa langsung order di link berikut dibawah ini:

telp / WA / SMS : 0817-2853-440 atau 082-2255-77770
Http://Pondokalam.id
Http://Pondoklam.com
Https://www.tokopedia.com/pondokalam
Https://www.shopee.co.id/pondokalam

Https://www.bukalapak.com/dwias_anandita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar